Kabar24.id - Jaringan Pemred Promedia (JPP) menggelar forum daring bersama Deputy Managing Director 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Donny Saputra, pada Kamis, 9 Oktober 2025.
Baca Juga: Bank Dunia Soroti Maraknya Pekerjaan Informal, Menkeu Purbaya: Lulusan S1 Jangan Khawatir
Forum ini dipandu Ketua Pokja Jurnalis Otomotif Promedia, Hadi Suprapto, yang mengajak peserta membahas strategi pemasaran Suzuki di tengah ketatnya persaingan otomotif nasional.
Dalam diskusi itu, Donny Saputra menyoroti maraknya fenomena perang harga yang terjadi di industri otomotif.
Baca Juga: Guru Sekolah Garuda Berharap Ke Prabowo Agar Anak Tak Mampu Bisa Kuliah ke Luar Negeri
Ia menyebut beberapa pabrikan kini menerapkan strategi perang harga secara agresif di pasar kendaraan baru.
“Bahkan kami melihat ada penurunan harga yang menurut kami di luar batas kewajaran,” ujar Donny Saputra.
Baca Juga: Antisipasi Musim Hujan, Pemkab Banyuwangi Lakukan Normalisasi Dam Garit di Alas Malang
Menurutnya, terdapat pabrikan yang menurunkan harga kendaraan baru hingga lebih dari 10 persen.
Penurunan harga besar-besaran itu, lanjutnya, berdampak luas terhadap stabilitas kompetisi antar merek otomotif.
Baca Juga: Antisipasi Musim Hujan, Pemkab Banyuwangi Lakukan Normalisasi Dam Garit di Alas Malang
Meski demikian, Donny menilai fenomena perang harga bukanlah hal baru di dunia otomotif.
Ia menjelaskan bahwa strategi harga agresif sudah terjadi sejak era 1970-an.
“Jadi kalau kami melihatnya sebetulnya di awal strategi harga atau perang harga itu lumrah terjadi,” jelasnya.
Artikel Terkait
Chery Cetak Penjualan Spektakuler di GIIAS 2025, Mobil Hybrid Jadi Favorit Utama
KPK Geledah Dua Lokasi dan Sita Mobil hingga Dokumen Penting Terkait Kasus Korupsi Kuota Haji 2024
Wali Kota Prabumulih Klarifikasi Isu Anak Bawa Mobil ke Sekolah, Bantah Jadi Alasan Pencopotan Kepsek