• Senin, 22 Desember 2025

Layanan Meningkat, Penumpang Whoosh Tembus 2,9 Juta hingga Juni 2025

.
- Jumat, 4 Juli 2025 | 01:18 WIB
Whoosh Catat Rekor Kunjungan 2,9 Juta Penumpang
Whoosh Catat Rekor Kunjungan 2,9 Juta Penumpang

Kabar24.id - PT KCIC mencatatkan pencapaian baru dalam layanan transportasi kereta cepat Whoosh dengan jumlah penumpang mencapai 2.936.599 orang per Juni 2025. Angka ini mencerminkan pertumbuhan sebesar 10 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai 2.668.894 orang.

Rekor harian tertinggi terjadi pada 27 Juni 2025, saat tercatat 26.770 penumpang dalam satu hari. Libur panjang perayaan Idul Fitri dan Tahun Baru Islam menjadi faktor pendorong utama lonjakan ini, dengan rata-rata penumpang harian mencapai lebih dari 24 ribu orang.

General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa, menjelaskan bahwa inovasi dalam sistem tarif dan peningkatan jumlah perjalanan sangat berperan dalam menarik minat masyarakat.

Baca Juga: Uji Coba Modul Wakaf di Aceh: Kemenag RI Dorong Transformasi Layanan Wakaf Digital

Kini, jumlah perjalanan Whoosh ditambah dari 48 menjadi 62 kali dalam sehari dengan jeda antar keberangkatan hanya 30 menit. Selain itu, Stasiun Karawang yang telah aktif sepenuhnya kini melayani sekitar 1.000 hingga 2.000 penumpang setiap hari.

Untuk menarik pengguna tetap, KCIC menghadirkan kartu langganan Whoosh dengan tarif khusus Rp200.000 per perjalanan, memberikan potongan harga sebesar 43 persen dari harga normal. Fleksibilitas jadwal juga ditingkatkan melalui fitur reschedule tiket gratis yang bisa dilakukan hingga 15 menit sebelum waktu keberangkatan.

Pengembangan juga dilakukan di fasilitas pendukung. KCIC membuka toko resmi merchandise dan menghadirkan tenant kuliner baru di beberapa stasiun utama. Integrasi transportasi lanjutan dan peningkatan area parkir juga menjadi prioritas.

Baca Juga: Tragedi KMP Tunu Pratama Jaya: Jenazah Korban Tiba di Banyuwangi, Keluarga Menyambut Penuh Haru

Langkah ini membuat KCIC mampu menampung pertumbuhan permintaan layanan sebesar 15 sampai 20 persen. Sistem pemesanan tiket secara online kini juga lebih stabil dan cepat merespon lonjakan permintaan pengguna.

Untuk menekan keterlambatan, proyek pembangunan jalur ganda di beberapa titik strategis terus dilakukan. Alhasil, waktu tempuh Jakarta-Bandung tetap 45 menit dan ketepatan jadwal mencapai 98,7 persen.

Sebagai bentuk penghargaan pada pelanggan setia, program loyalitas pengguna akan segera dirilis pada paruh kedua tahun 2025. KCIC optimis bisa mencapai target pertumbuhan 15 persen tambahan penumpang hingga akhir tahun ini.

Baca Juga: BRI Life Dorong Industri Singkong MOCAF Sleman Lewat Rumah Produksi dan Pelatihan UMKM

Digitalisasi layanan menjadi fokus utama KCIC dalam pengembangan sistem tiket yang terintegrasi dengan angkutan umum lain di kota tujuan. Hal ini dilakukan demi menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih efisien dan nyaman.

Sejak beroperasi, kereta cepat Whoosh telah berkontribusi pada pengurangan emisi karbon sebesar 1,2 juta ton. Dengan demikian, Whoosh menjadi opsi ramah lingkungan untuk perjalanan antara Jakarta dan Bandung.

Halaman:

Editor: Nurul Sakinah

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizinĀ redaksi.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X