• Minggu, 21 Desember 2025

Mengapa Logo Honda Motor dan Mobil Berbeda? Ini Sejarah dan Maknanya yang Jarang Diketahui

.
- Kamis, 19 Juni 2025 | 15:32 WIB

Kabar24.id - Honda, sebagai salah satu merek otomotif paling berpengaruh di dunia, memiliki dua logo berbeda untuk produk motor dan mobilnya. Meski berasal dari perusahaan yang sama, perbedaan ini bukan tanpa sebab. Justru, masing-masing logo menyimpan sejarah panjang dan filosofi yang mendalam.

Berasal dari Jepang, Honda Motor Company berdiri pada tahun 1946 oleh Soichiro Honda. Pada masa awal berdirinya, perusahaan ini fokus pada produksi sepeda motor. Desain logo untuk sepeda motor Honda memakai lambang sayap yang sangat khas dan telah dikenal luas di berbagai belahan dunia.

“Merupakan simbol kemenangan dan keberhasilan, hal ini menjadi semangat dan inspirasi bagi produknya,” demikian bunyi penjelasan mengenai makna di balik logo sayap tersebut.

Inspirasi logo tersebut berasal dari sosok mitologi Yunani, Dewi Nike, yang dikenal sebagai simbol kemenangan dan kecepatan.

Baca Juga: Seragam ASN 2025: Aturan Terbaru untuk PNS dan PPPK yang Wajib Diketahui

Sosok Dewi Nike digambarkan dengan sepasang sayap di punggungnya. Dari inspirasi inilah, Honda menciptakan logo sayap mengepak untuk produk motornya yang hingga kini tetap digunakan dan dikenali.

Sementara itu, perjalanan Honda dalam industri mobil dimulai pada tahun 1963 ketika perusahaan meluncurkan mobil pertamanya. Untuk membedakan identitas lini kendaraan roda empat, Honda memilih logo baru berupa huruf “H”.

“Logo untuk produk mobil Honda melambangkan komitmen perusahaan terhadap kualitas dan inovasi, yang ingin dihadirkan pada setiap produknya,” ungkap perwakilan resmi Honda.

Baca Juga: Naikkan Status Siaga 1 Untuk WNI di Iran, Menlu Sugiono Sebut Israel Target Militer dan Sipil

Pilihan menggunakan huruf “H” juga mencerminkan inisial dari nama Honda. Strategi ini umum diterapkan oleh banyak produsen otomotif lainnya yang ingin membentuk identitas yang kuat dan mudah dikenali konsumen.

Menurut situs resmi Honda Global, logo “sayap” memang lebih dahulu hadir di pasaran, dan menjadi ikon dari lini sepeda motor. Logo ini bahkan menjadi simbol budaya bagi penggemar otomotif roda dua di berbagai negara.

“Walaupun mengusung logo berbeda, saat ini baik produk Honda motor dan mobil tergolong populer dan sukses di pasaran,” ungkap laporan tersebut.

Baca Juga: Amerika Serikat Berencana Serang Iran Usai Nyatakan Tak akan Menyerah pada Israel

Soichiro Honda sendiri percaya bahwa perbedaan identitas visual antara produk motor dan mobil sangat penting agar tidak terjadi kebingungan merek. Ia menginginkan masing-masing lini produk memiliki ciri khas yang menonjol.

Halaman:

Editor: Nurul Sakinah

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Opini: Potensi Besar Gen Z Memimpin Perubahan Sistemik

Selasa, 16 Desember 2025 | 08:04 WIB
X