Kabar24.id - Telkomsel memastikan layanan komunikasi tetap dapat diakses korban banjir di Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat melalui paket bebas biaya yang dapat diaktifkan langsung lewat UMB *888*20#.
Paket bebas biaya ini menjadi salah satu upaya Telkomsel agar masyarakat terdampak tetap terhubung meski jaringan dan aktivitas sehari-hari terganggu bencana.
Baca Juga: Kalender Jawa Desember 2025 Lengkap, Cek Weton hingga Neptu untuk Hari Baik
Melalui UMB *888*20#, pelanggan SIMPATI, by.U, dan Halo dapat mengaktifkan paket gratis satu kali selama masa darurat.
Paket tersebut menyediakan dua pilihan, yaitu kuota data 3 GB untuk tujuh hari.
Baca Juga: Kalender Jawa Desember 2025 Lengkap, Cek Weton hingga Neptu untuk Hari Baik
Atau opsi 300 menit telepon dan 1.000 SMS ke semua operator yang berlaku selama tujuh hari.
Selain menyediakan paket gratis, Telkomsel mengoperasikan Posko Layanan Pelanggan Tanggap Bencana di sekitar 100 titik di wilayah terdampak.
Posko ini memberikan fasilitas telepon dan SMS gratis hingga proses pemulihan jaringan selesai.
Pelanggan yang terdampak juga dapat mengganti kartu tanpa biaya serta mendapat perpanjangan masa aktif.
Penyesuaian paket data prabayar dan tagihan pascabayar serta IndiHome turut diberikan untuk mempermudah pelanggan.
Bagi pengguna IndiHome, Telkomsel menyediakan layanan penggantian modem ONT dan STB yang rusak atau hilang akibat bencana.
Telkomsel juga mendukung operasional Basarnas dengan menyediakan layanan IndiHome 3P dan Orbit di kantor-kantor penanganan bencana.