Puncak Semarak Bulan Pancasila – UNEJ Pancasila Fest 2024 : Ber-Pancasila Dalam Jalan Kebudayaan

Daftar Isi

 


Jember, kabar24.id -- Pentas seni dan kebudayaan menjadi penanda puncak Semarak Bulan Pancasila – UNEJ Pancasila Fest 2024, dengan mengusung tema “Ber-Pancasila dalam Jalan Kebudayaan” yang gelar di Gedung Auditorium Universitas Jember (05/07/24).


Dalam laporannya, Ketua Panitia Semarak Bulan Pancasila 2024, Prof. Bayu Dwi Anggono menyampaikan, rangkaian Semarak Bulan Pancasila telah dilaksanakan sejak tanggal 30 Mei 2024, beragam kegiatan telah dilaksanakan seperti Seminar Nasional, beberapa lomba dan puncaknya pada Malam Pentas Seni dan Kebudayaan sekaligus pengumuman pemenang lomba UNEJ Pancasila Fest 2024. Kegiatan yang telah dilaksanakan selama satu bulan telah berjalan dengan baik dan lancar serta mencapai tujuan yang diharapkan. 





“Kenapa saya katakan sudah mencapai tujuan yang diharapkan, karena melalui kegiatan ini semakin menumbuhkan rasa kebangsaan di antara sivitas akademika Universitas Jember, mampu secara sederhana mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila melalui kerja bersama, gotong royong, dan kekompakan yang akhirnya akan menjadi penyemangat kita untuk terus mengabdi di UNEJ dengan berpedoman pada nilai-nilai Pancasila untuk memajukan UNEJ menjadi perguruan tinggi berkelas dunia,” ungkapnya. 


Sementara itu, dalam sambutannya Dr. Ir, Iwan Taruna, M. Eng., IPM., Rektor Universitas Jember mengatakan, makna penting dari serangkaian kegiatan Semarak Bulan Pancasila – UNEJ Pancasila Fest 2024 adalah bagaimana setelah acara ini, hati kita, pikiran kita semakin teguh untuk mempertahankan sekaligus menerapkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.


“Mari kita saling mengevaluasi, saling mengingatkan, dan saling berpegang teguh, serta bergotong royong bagaimana memajukan bangsa dan negara ini. Sekali lagi saya ucapkan terimakasih kepada seluruhnya,” ulasnya.


Pada sesi hiburan, acara kali ini dimeriahkan oleh penampilan Band The Tendos (Tendik dan Dosen). Perlu diketahui pemain Bass dari band ini adalah Rektor Universitas Jember, Dr. Ir. Iwan TarunaTaruna, M. Eng., IPM. Mereka bawakan lima lagu hits era 90an dan kekinian yang mampu memecah suasan malam dan mendapatkan apresiasi dari para penonton. Tidak ketinggalan, Band Bahana Justicia dari Fakultas Hukum juga turut serta menghibur dengan alunan musik mereka yang memikat.


Ada yang menarik pada sisi penonton yang hadir pada kegiatan itu, Dewi Angelina, salah satu Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember berdandan cosplay Dewi Aprodhite, dewa cinta dari mitos Yunani. Kostum gaun anggun lengkap dengan tata rias dan properti tombak trisula cintanya sehingga memikat mata para penonton lainnya. (nil/dil)


Berikut daftar pemenang Lomba Semarak Bulan Pancasila – UNEJ Pancasila Fest 2024: 


Lomba Esai Tingkat Nasional

Juara 1: Tiona Adelina Siburian (Universitas Jember)

Juara 2: Renhad Dwi Mahadana Satya (Universitas Jember)

Juara 3: Ubay Dillah (Universitas Abdurachman Saleh Situbondo)


Lomba Video Tiktok Tingkat Nasional Kategori Mahasiswa

Juara 1: Aditya Bintang Perdana (Universitas Jember)

Juara 2: Cakra Satria Bimantara (Universitas Jember)

Juara 3: Muhammad Joni Uswanto (Universitas Jember)


Lomba Video Tiktok Tingkat Nasional Kategori Siswa

Juara 1: Ja’far Muhammad Aqilla (SMA Nuris Jember)

Juara 2: Moh Faiq Romadhoni H (SMKN 1 Jember)

Juara 3: Shafira Ayu Nurfadilla (SMAN 1 Tenggarang) 


Pawai Budaya Peserta Upacara Hari Lahir Pancasila

Juara 1: Fakultas Keperawatan

Juara 2: Kantor Pusat

Juara 3: UPA, SPI, RSGM, BPU


Best Kostum Peserta Upacara Hari Lahir Pancasila

Juara 1: Titah Wisudawati, S.H. (LPPM)

Juara 2: dr. Ida Srisurani Wiji Astuti, M.Kes.,FISPH., FISCM. (Fakultas Kedokteran)

Juara 3: Ayunda Kumala Nusantarawati, S.P., M.M (Fakultas Hukum)


Lomba Paduan Suara antar Unit Kerja

Juara 1: Fakultas Pertanian

Juara 2: Fakultas Ilmu Budaya

Juara 3: Fakultas Ekonomi dan Bisnis


Best Kostum Peserta Lomba Paduan Suara antar Unit Kerja diraih oleh Fakultas Teknik. (ron)