Sidokkes Polres Lumajang Lakukan Fooging Cegah DBD

Daftar Isi

 


Lumajang, kabar24.id - Seksi Kedokteran dan Kesehatan (Sidokkes) Polres Lumajang melakukan Fooging di lingkungan Asrama Polres Lumajang, Rabu (13/3/2024), untuk mencegah penyebaran wabah Demam Berdarah Dengue (DBD).




Ini dilakukan untuk menghilangkan sarang nyamuk aedes aegypti, yang bertanggung jawab atas penyebaran penyakit demam berdarah dengue.



Menurut Ipda Sugiarto, Kasi Humas Polres Lumajang, penyemprotan fogging atau

penggunaan insektisida yang membunuh nyamuk, terutama vektor penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).



Ipda Sugiarto menyatakan bahwa penyemprotan dilakukan di ruangan kantor, kamar mandi, ruang tahanan, tempat parkir kendaraan, dan lokasi lain yang dianggap sebagai tempat bersarang dan perkembangan nyamuk aedes aegypti.



Dilakukan fogging tidak hanya di lingkungan Mapolres, tetapi juga di Asrama Polri dan Polsek jajaran.



Selain itu, mereka menyarankan orang untuk selalu menjaga lingkungan bersih, terutama bak air di kamar mandi, minuman burung, dan barang bekas.



Dia mengatakan, "Kami menyarankan untuk menimbun barang bekas, sampah plastik, dan kaleng yang dapat menampung air hujan, yang dapat menyebabkan berkembangnya nyamuk aedes aegypti."



Menurut Kasidokkes Polres Lumajang, kegiatan ini akan dilakukan secara teratur.



Ipda Sugiarto berharap kegiatan fogging ini dapat menangkal dan mencegah penyakit demam berdarah di kalangan anggota dan masyarakat, serta menciptakan lingkungan yang bersih dan bebas nyamuk di seluruh ruang Mapolres Lumajang.



Dia menyimpulkan, "Cara untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk cepat adalah dengan melakukan 3M, yaitu Menguras, Menutup, dan Mengubur," yang akan dilakukan secara rutin setiap minggu.* (*)