Kini Universitas Jember Miliki Empat Wakil Rektor

Daftar Isi

 


Jember, kabar24.id - Dengan pengangkatan Fendi Setyawan sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Universitas Jember kini memiliki empat wakil rektor. Setyawan sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris II Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M).




Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna, mengatakan bahwa pejabat yang dilantik harus segera beradaptasi untuk menjalankan amanah yang telah diberikan organisasi. Ini karena Universitas Jember saat ini sedang dalam proses menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH).



Menurutnya, "Perlu diingat bahwa kita saat ini ada untuk meneruskan kerja para pendahulu kita. Bagi seorang pendidik di kampus, jabatan ini justru menjadi tugas tambahan, sehingga kita harus memiliki tekad untuk bekerja dengan selaras dan seimbang serta dilandasi dengan iman dan takwa."



Fendi Setyawan, Wakli Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Jember, mengatakan bahwa terkait lembaga yang sedang diproses untuk PTN-BH, mereka akan terus mengoptimalkan peran dan fungsi alumni terhadap universitas dan institusinya masing-masing.



Permendikbudristek Nomor 7 Tahun 2023 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Jember jelas mengatur program kerjanya. Ketentuan ini mencakup peningkatan prestasi dan bidang minat bakat mahasiswa, seperti program di UKM yang mendukung percepatan dan relevan dengan program kementerian. Dia menjelaskan, "Sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, saya harus memastikan bahwa kegiatan mahasiswa terakomodasi dan termanajemen dengan baik sehingga tidak ada friksi atau gejolak yang mengganggu ekspresi siswa dalam kegiatan tersebut."



Ia juga berharap bahwa dengan adanya struktur tambahan ini, fungsi-fungsi lembaga akan lebih optimal. Ini akan sesuai dengan tugas utama lembaga, yaitu mengembangkan bidang kemahasiswaan dan alumni.



Dia menyimpulkan, "Kami akan terus mendorong kiprah dan prestasi mahasiswa, baik dalam bidang akademik maupun non-akademik, dan kami berkomitmen untuk mengoptimalkan peran alumni, karena peran alumni sangat memengaruhi Indeka Kinerja Utama (IKU 1) tentang rekam jejak alumni Universitas Jember."



Pelantikan juga melantik para pejabat utama, seperti Triwahju Hardianto sebagai Dekan Fakultas Teknik, Prof. Dafik sebagai Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dan Farida Wahyu Ningtyias sebagai Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat. Yusuf Adibowo juga dilantik sebagai Sekretaris II Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, dan Iis Nur Asyiah dilantik sebagai Sekretaris Bidang Program dan Pengembangan, Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan. Pelantikan dilakukan pada Jum'at siang, 8 Maret 1924, di Aula Lantai III Gedung Rektorat Universitas Jember. (ton)