• Jelajahi

    Copyright © Kabar24.id
    media news network

    Iklan

    Iklan Beranda

    Kabaharkam Polri Sampaikan 7 Pesan pada Peringatan HUT ke – 72 Korsabhara Baharkam Polri

    16 Maret 2024, 04.24 WIB

     


    DEPOK – Di Mako Korsabhara Depok, Jawa Barat, Kamis (14/3), Korsabhara Baharkam Polri mengadakan upacara untuk memperingati HUT ke-72.




    Komjen Pol Fafil Imran, Kabahkam Polri yang bertindak sebagai Inspektur Upacara pada kesempatan tersebut, menyatakan bahwa Korsabhara harus selalu siap untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).




    Komjen Fadil memulai sambutannya dengan mengatakan, "Setiap anggota Sabhara harus selalu menanamkan dalam hati untuk selalu siap sedia menjaga keamanan masyarakat. Hal ini diperkuat dengan dibentuknya Patroli Perintis Presisi dan Patroli Kota Presisi."



    Selain itu, pada acara tersebut, Komjen Fadil Imran menyampaikan Tujuh Pesan kepada seluruh anggota Sabhara.



    Komjen Fadil pertama-tama meminta seluruh staf untuk menempatkan polisi berseragam humanis sebanyak dan sebanyak mungkin di lokasi aktivitas masyarakat.



    Kedua, untuk menentukan prioritas pencegahan, personel harus melakukan identifikasi dan pemetaan kejahatan.



    Ketiga, Kabaharkam Polri memberi tahu personel tentang pedoman penanganan demonstrasi sesuai perkap (peraturan kapolri) dan perubahan dinamika di lapangan.



    Keempat, Komjen Pol Fadil meminta personel untuk menjaga dan menggunakan alat material khusus (almatsus) yang tersedia di Sabhara serta mengikuti latihan operator agar mereka selalu siap untuk melakukan tugas.



    Kelima, untuk membantu tugas Sabhara, personel harus menjaga dan merawat hewan seperti rekan, anak, dan barang berharga.



    Komjen Fadil Imran menyatakan, "Perikemanusiaan tidak hanya berlaku untuk manusia; itu juga berlaku untuk seluruh satwa yang kita miliki."



    Keenam, Komjen Fadil Imran meminta personel untuk menanamkan rasa bangga dalam melakukan pekerjaan mereka, terutama dalam membantu orang lain dengan ikhlas.



    Ketujuh, Komjen Fadil Imran meminta semua anggota staf untuk mempertahankan semangat dan tetap siap dalam situasi apa pun.



    Kabaharkam Polri ini juga memuji Korsabhara atas pekerjaannya selama ini.



    Selain itu, ia menekankan bahwa tanggung jawab Sabhara sebagai pengendali kamtibmas mencakup tindakan preventif hingga represif terbatas.



    Ia mengatakan bahwa tanggung jawab Sabhara mencakup mencegah kejahatan, menyelesaikan konflik, menemukan masalah, dan melindungi hak-hak yang dijamin oleh Konstitusi dan Turjawali (pengaturan, penjagaan, pengawalan, dan patroli).



    Selain itu, melakukan tindakan pertama di tempat kejadian perkara (TPTKP), penegakan hukum yang terbatas, dan menciptakan dan menjaga rasa aman agar tidak ada korban manusia atau harta benda.



    Dia menambahkan, “Korsabhara juga memiliki fungsi SAR, namun, fungsi tersebut tidak terlepas dari bantuan stakeholder terkait.”



    Korsabhara juga menjaga objek penting dengan bantuan Polisi Satwa.



    Terangnya, "Tugas lain seperti pengamanan objek vital menjadi penting. Serta Sabhara juga didukung dengan Polisi Satwa untuk memback-up tugas-tugas kepolisian pada umumnya."



    Jenderal bintang tiga ini juga mengucapkan selamat atas peringatan Hari Ulang Tahun Korsabhara, yang sedang berlangsung selama bulan puasa.



    "Alhamdulillah, atas rahmat dan ridho Tuhan Yang Maha Esa, kita dapat melaksanakan upacara dalam rangka memperingati hari lahir Sabhara Polri ke-72, yang jatuh pada hari Senin tanggal 11 Maret 2024 bertepatan dengan masuknya bulan suci 1445 Hijriah. Saya juga ingin mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi rekan-rekan saya yang menjalankan ibadah puasa", tutupnya.

      (*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini