• Jelajahi

    Copyright © Kabar24.id
    media news network

    Iklan

    Iklan Beranda

    FEB Universitas Jember Wujudkan Kampung Tin di Jember

    29 Maret 2024, 14.23 WIB

      



    Jember, zonamerdeka.com - Dalam beberapa desa binaan, salah satunya di kelurahan Karangrejo Kabupaten Jember, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Jember bekerja sama dengan Kelompok Riset Pengabdian Masyarakat Jember Auditing & Assurance (JEMASURA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember untuk menerapkan ilmu tentang ESG (sosial, lingkungan, dan pemerintahan). Konsep ini diterapkan di Kecamatan Sumbersari dengan mendirikan Kampung Tin, yang memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti protein, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, vitamin C, vitamin E, vitamin B6, dan antioksidan.




    Dalam perjalanannya, Dr. Siti Maria Wardayati, M.Si., Ak., CA., dan CPA, Ketua Riset Pengabdian Masyarakat Jember Auditing & Assurance (JEMASURA), mengatakan bahwa kelompok dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember dan Kelompok Riset Pusat Bahasa dan Budaya (CLC) dari Fakultas Ilmu dan Budaya Universitas Jember telah bekerja sama untuk membangun Kampung Tin sebagai salah satu proyek pengabdian internasional kepada masyarakat dengan tema "




    Perwakilan dari FEB Universiti Sultan Zainal Abidin (UNISZA) Malaysia, Pn. Nur Salina Binti Ismail (Dosen), dan dua mahasiswa (Muhammad Fathul Mubin dan Ahmad), menghadiri acara tersebut pada Sabtu, 9 Maret 2024. Acara tersebut melakukan konservasi sumber daya alam dengan menanam pohon tin, mengikuti program edugarden, dan memasarkan produk olahan UMKM Jember Tin Garden, seperti Teh Tin, Selai Tin, Puding Tin, Brownis Tin, dan Kerupuk Tin di seluruh dunia.



    Selain itu, ia menyatakan bahwa pengelolaan pohon tin harus dilakukan secara berkelanjutan untuk memastikan populasi pohon tin tetap sehat dan produktif. Ini dapat dicapai melalui pelatihan praktis, kampanye pendidikan, dan pengakuan praktik berkelanjutan dalam bertani.



    Sebagai contoh, mereka mempromosikan produk UMKM Tin Garden Jember melalui sosial media untuk memperluas jaringan dan informasi tentang manfaat dan nilai jual dari UMKM masyarakat Jember ke seluruh dunia.



    Selain itu, mereka melakukan atraksi kesehatan untuk menunjukkan keaslian manfaat tin untuk kesehatan. Jember Tin Garden menyediakan berbagai olahan tin, seperti teh, selai, coklat, puding, kerupuk, brownis, dan lain-lain, yang sangat baik untuk kesehatan.







    Ia berharap bahwa untuk memastikan kelangsungan hidup dan keberlanjutan pohon tin, konservasi dan pengelolaan sumber daya alamnya sangat penting.



    Fatkhul, salah satu mahasiswa Universiti Sultan Zainal Abidin Malaysia, mengatakan, "Tamannya sangat nyaman, sejuk sekali, dan saya merasa seperti berada di rumah sendiri." Menanam bibit pohon tin bersama-sama serta memetik hasil panen buah tin secara langsung dari pohon adalah kedua cara konservasi dan pengelolaan sumber daya alam pada pohon tin. Dia menyimpulkan, "Saya belajar lebih banyak tentang ESG dan SDGs di sini bersama dengan Jember Tin Garden untuk menanam Pohon Ara." (ton)



    Judul: FEB Universitas Jember Wujudkan Kampung Tin di Jember Sebagai Pioner Penerapan Pengabdian Internasional


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini