• Jelajahi

    Copyright © Kabar24.id
    media news network

    Iklan

    Iklan Beranda

    Viral Patung Bunda Maria Menangis, Simak Penjelasan Ilmiah Profesor Kimia

    10 Desember 2023, 09.42 WIB

     


    Patung 'Virgin of Dolores' atau Bunda Maria di Meksiko yang menangis dengan menetaskan 'air mata' di pipi viral di media sosial. Peristiwa itu dikaitkan dengan 'pertanda dari Tuhan'

    Penduduk setempat percaya bahwa Maria menangis atas kekerasan yang melanda Colima, yang ibu kotanya menduduki peringkat kota paling keras di dunia pada tahun 2022. Hingga bulan Oktober, Kantor Kejaksaan Colima mencatat adanya 702 kasus pembunuhan yang disengaja di negara bagian tersebut.


    Dilansir The Post, disebut juga bahwa kota itu merupakan sarang aktivitas kartel narkoba. Tapi seorang Profesor Kimia bernama Luigi Garlaschelli mencoba menjelaskan fenomena itu secara ilmiah.

    "Kita dapat mengaitkannya dengan tingkat kekerasan yang dialami di sini, di negara bagian Colima, dan juga di komunitas ini," klaim Victor Ramos salah seorang saksi mata.

    Luigi Garlaschelli mengaitkan kemampuan patung itu dalam menyerap kelembapan karena sifatnya yang berpori.


    "Anda butuh patung kopong yang terbuat dari plester atau keramik yang bagian luarnya harus ditutup dengan lapisan kedap air," jelasnya.


    "Dengan mengisi patung dengan air melalui lubang yang tidak terlihat di bagian atas, bahan berpori akan menyerapnya, namun lapisan luar akan mencegahnya keluar," lanjutnya.


    Namun, jika lapisan pelindung di dekat mata Maria tergores, air yang terserap akan bocor keluar. Ini akan memberikan ilusi bahwa patung itu sedang menangis.


    Ini bukan pertama kalinya replika Bunda Maria terlihat meneteskan air mata. Pada tahun 2019, para jamaah berbondong-bondong ke Holy Trinity Greek Orthodox Church di Chicago untuk menyaksikan lukisan Perawan Maria yang 'menangis'.


    Sementara itu, keuskupan Katolik di kota Las Cruces, New Mexico, melancarkan penyelidikan terhadap patung 'menangis' itu. Analisis kimiawi terhadap cairan tersebut mengungkapkan bahwa cairan 'air mata' itu adalah minyak zaitun wangi yang kerap digunakan untuk pembaptisan.


    Baca artikel detiksumut, "Viral Patung Bunda Maria Menangis, Simak Penjelasan Ilmiah Profesor Kimia" selengkapnya https://www.detik.com/sumut/berita/d-7081182/viral-patung-bunda-maria-menangis-simak-penjelasan-ilmiah-profesor-kimia.



    Komentar

    Tampilkan

    Terkini