Kaesang Sebut Prabowo-Gibran Sudah Menang di Pilpres 2024, Kasih Kode Buat PSI Sampai Senayan

Daftar Isi

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep meyakini bahwa pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pasti menang di Pilpres 2024.

Untuk itu, dia berharap pasangan Prabowo-Gibran membantu PSI melenggang ke Senayan.

Dia meyakini kemenangan itu didasarkan pada hasil sejumlah survei yang menempatkan pasangan nomor urut 2 itu selalu unggul.

Ketua Umum PSI itu kemudian mengajak para relawan berpikir tentang partainya agar bisa lolos ke Senayan.

Kaesang Pangarep mengakatakan itu saat menghadiri acara deklarasi relawan Sedulur Kaesang Jokowi di bilangan Jakarta Pusat, Jumat (1/12/2023).

Dalam lawatannya itu, ia berharap agar Sedulur Kaesang Jokowi bekerja lebih banyak dalam porsi mendukung kesuksesan PSI di Pileg 2024.

Dia mengatakan itu daripada mendukung pemenangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024.

Hasil survei

"Sedulur Kaesang Jokowi ini pasti mendukung sekali untuk pemenangan Pak Prabowo dan Mas Gibran, tapi saya mungkin minta untuk lebih bekerja memperkenalkan PSI, kenapa?" kata Kaesang dalam sambutannya.

"Alasannya gini, kalau kita lihat survei-survei yang sudah ada di luar sana, kan bisa dibilang Pak Prabowo dan Mas Gibran itu sudah menang," lanjutnya seperti dilansir Kompas.com.

Putra bungsu Presiden Jokowi ini juga mengamini bahwa hasil survei segelintir lembaga memang belum menempatkan Prabowo-Gibran sebagai kandidat dengan elektabilitas tertinggi.

Namun, pada pokoknya, ia merasa Prabowo-Gibran dianggap sudah cukup di atas angin.

"Yang sudah menang masa masih dibantu terus. Jadi ya bantu PSI yang surveinya masih kecil kan. Kalau bisa (PSI) menjadi salah satu parpol yang besar nanti untuk bisa masuk ke Senayan," tambah Kaesang.

"Bukan berarti enggak bantu Pak Prabowo dan Mas Gibran, karena nanti kalau saya bilang enggak bantu nanti dimarahi juga.

Tapi ya, wong beliau-beliau sudah bisa dipastikan menang, walaupun ada segelintir survei yang bilang beliau nomor 2," lanjut dia.

Tetap kerja keras

Saat diwawancarai wartawan usai acara, Kaesang mengaku tak ambil pusing terhadap hasil survei yang menempatkan elektabilitas PSI masih jauh di bawah ambang batas lolos parlemen.

Kaesang menyatakan, partainya bakal tetap terus bekerja keras agar bisa tembus Senayan.

"Kita tetap kerja keras, lihat saja di Pemilu 2024," ujar Kaesang.

Dia mengeklaim bahwa kini semakin banyak orang bergabung dengan PSI. Kaesang tak menampik itu karena faktor dirinya. Ia sesumbar bahwa wilayah-wilayah seperti NTT, Sulawesi Utara, Bali, DKI Jakarta, Lampung, sampai Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur akan menjadi lumbung suara PSI pada Pemilu 2024.

Namun, Kaesang mengakui, masih ada sejumlah pekerjaan rumah untuk menggarap suara dari beberapa wilayah lain

"Ya masih banyak. Cuma kan kita, karena waktunya mepet, kita fokus di beberapa provinsi saja. Kemarin kan juga habis dari Papua. Alhamdulillah diterima dengan baik juga," ujar dia.

Elektabilitas PSI coma 0,9 Persen

Sebelumnya, survei Charta Politika yang diselenggarakan pada 26-31 Oktober 2023 menunjukkan bahwa elektabilitas PSI berada di angka 0,9 persen, jauh di bawah ambang batas parlemen 4 persen.

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya menyatakan, hal itu menunjukkan bahwa status Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep sebagai anak Presiden Joko Widodo tidak cukup untuk mengangkat elektabilitas PSI.

"Ada PSI yang walaupun balihonya banyak mengalahkan partai-partai besar lain dan sudah punya ketum anak presiden, angkanya masih di 0,9 persen," kata Yunarto, Senin (6/11/2023).

Oleh karena itu, Yunarto pun berpesan kepada Kaesang untuk lebih semangat lagi dalam mengampanyekan partainya tersebut.

Apalagi Kaesang sendiri telah menargetkan PSI memperoleh suara sebanyak minimal 4 persen pada Pemilu 2024 agar bisa menempatkan kadernya di DPR.

Jadwal Kampanye Prabowo-Gibran

Jadwal kampanye Prabowo hari ini akan menghadiri rapat Tim Kampanye Nasional (TKN) dan Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo -Gibran di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Jumat (1/12/2023).

Capres dan Cawapres nomor urut 2 akan hadir dalam rapat tersebut disampaikan Ketua Pelaksana Rakornas, Juri Ardiantoro.

Dia mengatakan, jika ini momentum bertemunya kekuatan politik tingkat nasional maupun daerah.

Sebab rapat tersebut kata Juri, merupakan pertemuan pertama tim dengan pasangan Prabowo-Gibran.

"Ini untuk pertama kali bertemu pengurus TKN dan TKD sejak kami mengumumkan nama-nama pengurus," kata Juri, Jumat (1/12/2023).

Diketahui, akan hadir unsur Dewan Pembina Abah Habib Luthfi bin Yahya, Jenderal (Purn) Wiranto, para Ketua Partai politik Koalisi Indonesia Maju, hingga pimpinan Tim Kampanye Daerah dari 38 Provinsi se-Indonesia.

Sebelumnya, Ketua TKN Prabowo-Gibran Rosan Roeslani menjelaskan, jika besok Jumat (1/12/2023) akan ada rapat koordinasi Nasional (Rakornas) Tim Kampanye Nasional dan Tim Kampanye Daerah (TKD).

"Akan melibatkan seluruh dewan pembina, dewan Penasihat, dewan pengarah pengurus inti di TKN dan juga di TKD. Jadi kurang lebih akan hadir kurang lebih 441 orang yang akan dilaksanakan pada pukul 2 siang besok di hotel Borobudur,"kata Rosan.

Rosan juga mengatakan, jika dalam rapat itu akan membahas menyatukan visi-misi dan soal peraturan yang harus ditaati dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

"Kita lakukan sesuai dengan aturan-aturan yang ada, tidak ada pelanggaran baik di level nasional sampai ke level TKD di provinsi kabupaten dan kota," ujar Rosan.

Sementara itu, Rosan menambahkan, jika Rakornas bersama TKN dan TKD akan dihadiri Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka.

"Akan dihadiri langsung dan juga akan ada arahan-arahan juga dari beliau, dan itu juga, apa kami adakan karena sesuai juga dengan arahan dari Pak Prabowo dan Mas Gibran," kata Rosan.

"Bahwa kita harus melakukan kampanye ini secara terbuka, secara transparan secara membawa tone yang selalu positif dan juga yang paling penting fokus kepada anak muda," lanjutnya.(jambi.tribunnews.com)