Jawaban Gibran Rakabuming Usai Ditanya Sulitnya Lapangan Pekerjaan

Daftar Isi

Nama Cawapres pasangan nomor urut 2 yakni Gibran Rakabuming Raka baru-baru ini kembali menuai sorotan publik. Hal tersebut tak lepas dari jawabannya yang terkesan spontan dan santai, usai ditanya soal sulitnya lapangan pekerjaan di Indonesia hingga besarnya pengaruh peran orang dalam. Penasaran bukan dengan jawabannya? Scroll terus untuk baca artikel selanjutnya berikut ini.

Baru-baru ini putra sulung Bapak Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka baru saja menghadiri sebuah forum diskusi terbuka bersama anak-anak milenial.  Di mana dalam momen diskusi tersebut, kakak dari Kaesang Pangarep ini mendapatkan sebuah pertanyaan yang bisa dibilang sulit ditemukan solusinya. Yakni perihal sulitnya mendapatkan lapangan pekerjaan di zaman sekarang dan pengaruhnya orang dalam agar bisa mendapatkan pekerjaan di Indonesia.

Mengutip unggahan video viral milik akun TiKTok @xxcrongpororo pada Jumat, 1 Desember 2023 memperlihatkan sebuah momen Gibran Rakabuming Raka menghadiri salah satu acara seperti forum diskusi yang kebanyakan dihadiri para generasi anak muda. 


Dalam video tersebut, terlihat seorang wanita bertanya saat momen sesi tanya jawab bersama Gibran Rakabuming Raka. Wanita tersebut menanyakan terkait dirinya yang sulit mendapatkan pekerjaan hingga saat ini.

Wanita yang mengeluh pada Gibran ini diketahui seorang lulusan S2 yang mengaku sulitnya lapangan kerja, karena adanya peran orang dalam.

"Baru pulang dari S2. Dan kebetulan saya merasa bahwa saya kan menemukan kaum anak milenial dan saya merasa bahwa lapangan pekerjaan sekarang itu sangat sulit digapai karena banyaknya permainan orang dalam. Apa solusi terbaik dari Mas Gibran?," tanya generasi muda yang turut hadir.

Tak butuh waktu lama, putra sulung Presiden Jokowi yang kini menjadi calon presiden (Capres) Prabowo di pemilu 2024 ini pun dengan spontannya langsung memberikan solusi terkait pertanyaan yang dilontarkan wanita muda tersebut.

"S2 masa nggak berani jadi pengusaha ya, masih mau ngelamar kerja? Jadi pengusaha aja ya," lanjut Gibran.

Menurutnya, dengan modal S2 yang dimiliki sang wanita, seharusnya dia berani jadi pengusaha.

"Ada juga usahanya," jawab sang wanita.

Sontak saja menengar adanya pertanyaan itu, Gibran pun langsung menyarankan wanita ini agar bisa mencoba peluang sebagai pengusaha. Di mana nantinya kelak mereka akan menciptakan lapangan kerja hingga tak perlu meminta bantuan orang dalam.

"Oh ya udah. Jadi pengusaha aja ya, nggak usah ikut orang, menciptakan lapangan pekerjaan. Mandiri dan belajar ya,"  tandas lainnya.

Reaksi Warganet 

Sontak saja pernyataan yang diungkapkan Gibran Rakabuming lantas menuai pro kontra dari sejumlah warganet di media sosial. Tak sedikit yang membenarkan, namun tak sedikit yang menyalahkan. Mengingat, jika ingin membangun usaha sendiri tentu dibutuhkan modal tidak sedikit.

"Semua rakyat jadi pengusaha, trus yg jadi karyawan siapa?” tanya warganet dalam kolom komentar.

"Salah nanya orang, dia aja pake orang dalem," sahut lain.

"Sekilas benar sih kata dia...Jadi PENGUSAHA....Namun JANJI BAPAK KAU DULU mana...Sampek sekarang hanya janji aja...Apa lagi mobil gaib itu...," sahut lainnya lagi.

"Betul kata mas Gibran. Kalau udah S2 kenapa harus nyari pekerjaan. Coba ciptakan pekerjaan. Usaha itu gak harus modal besar, gak harus langsung usaha," tulis warganet.

"padahal maksudnya Gibran itu sangat benar tapi banyak orang yang tidak mencerna maksud dari perkataan itu," sahutnya lagi.

"malah ditepuk tangan bjirrr," timpal lainnya.

"jawaban simpel dan tidak ada solusi," tandasnya.

"jadi pengusaha kalo gak kerja dulu dari mana modalnya," tulis warganet.(viva.co.id)