• Jelajahi

    Copyright © Kabar24.id
    media news network

    Iklan

    Iklan Beranda

    Takjub Biden, Xi Jinping Cs Bisa Hormat ke Jokowi: Zulhas Soroti Ilmu Presiden

    28 November 2023, 09.39 WIB

    Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) bercerita soal pengalamannya saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) kunjungan kerja ke berbagai negara beberapa waktu lalu.

    Hal tersebut Zulhas sampaikan saat Rapat Kerja Bersama Komisi VI DPR RI, Senin (27/11).

    Mulanya, Zulhas menceritakan saat dirinya mendampingi Jokowi bertemu Presiden AS Joe Biden di Gedung Putih. Zulhas mengatakan Biden sangat menghormati Jokowi.

    "Ada satu yang menarik, pertemuan 10 menit. Jadi saya juga heran Pak Jokowi itu ilmunya apa begitu, Biden Hormat, Xi Jinping (presiden China) hormat, namanya Putin (presiden Rusia) hormat sama presiden, kita bangga," kata Zulhas.

    Ia lantas menuturkan dalam pertemuan itu Biden meminta Jokowi untuk mengungkapkan apa saja yang bisa AS bantu untuk Indonesia. Jokowi pun menjawab dengan meminta Biden untuk menyerukan gencatan senjata pada Israel terhadap Palestina.

    Selain itu, kata Zulhas, Jokowi juga meminta Biden untuk membantu RI menjadi bagian rantai pasok kendaraan listrik global.

    Sementara, dalam kunjungan ke China, XI Jinping meminta Jokowi untuk mengucapkan apa saja yang bisa Negeri Tirai Bambu bantu.

    "Presiden bilang tidak minta macam-macam, yang lain sudah semua, kereta cepat sudah, 'Tolong kami dibantu beras'. Dijawab lagi apa saja yang diminta diberi termasuk beras," imbuh Zulhas.

    Presiden Jokowi beberapa waktu lalu memang berkunjung ke China dan Amerika Serikat. Kunjungan ke China ia lakukan dengan beberapa tujuan salah satunya menghadiri KTT Belt and Road Initiative dan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden China Xi Jinping.

    Sementara itu ke AS, kunjungan dilakukan dalam rangka menghadiri KTT APEC dan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Joe Biden guna mendesaknya untuk menyerukan gencatan senjata antara Israel dengan Palestina.(cnnindonesia.com)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini