• Jelajahi

    Copyright © Kabar24.id
    media news network

    Iklan

    Iklan Beranda

    Nafa Urbach Sebut Neuralgin Bukan Obat Keras, Apoteker Langsung Beri Peringatan. Telak Banget!

    25 November 2023, 05.49 WIB

    Publik sempat dihebohkan dengan kabar artis berinisial N yang ikut terjaring razia di kawasan Senopati, Jakarta, Minggu dini hari (19/11/2023). Belakangan, terungkap bahwa sosok artis N yang dimaksud adalah Nafa Urbach. 

    Kata polisi, artis N sempat diamankan karena kedapatan membawa obat keras, meski akhirnya dilepas karena dapat menunjukkan bukti resep dokter.

    Nafa Urbach pun sudah memberikan klarifikasi bahwa obat yang membuatnya sempat diamankan adalah neuralgin.


    "Neuralgin obat andalanku," ujar Nafa Urbach, dikutip Suara.com dari unggahan akun Instagram-nya, Jumat (24/11/2023).

    Namun di unggahan yang sama, Nafa Urbach memberikan keterangan berbeda dari penjelasan polisi. Nafa mengaku tidak memakai resep untuk membeli neuralgin.

    "Jujur, itu nggak pakai resep dokter," kata Nafa Urbach.


    Setahu Nafa Urbach, neuralgin dijual bebas di apotek. Ia juga tidak pernah dimintai resep saat membeli obat tersebut.

    "Itu kan dijual bebas," tutur Nafa Urbach.

    Nafa Urbach turut berdalih memakai neuralgin sebatas untuk menghilangkan pegal-pegal. Ia tidak pernah menyalahgunakan obat jenis apa pun.

    "Aku udah tua, nggak punya waktu buat bertingkah, apalagi sampai nyentuh obat-obatan terlarang," terang Nafa Urbach.

    Sampai pagi tadi, Nafa Urbach masih mengonsumsi neuralgin sebelum memulai aktivitas. Hari ini, Nafa berkunjung ke Magelang untuk rapat koordinasi dengan kader daerah Partai NasDem.

    "Jujur, pagi ini minum neuralgin sambil nangis dan ngedumel ke neuralginnya," aku Nafa Urbach.

    Cerita Nafa Urbach soal mengonsumsi neuralgin tanpa resep langsung disorot. Pemilik akun Instagram @venas_sitorus yang mengaku apoteker menerangkan bahwa neuralgin tidak bisa asal diminum tanpa resep dokter.

    "Neuralgin itu memang obat golongan keras, pembeliannya harus dengan resep dokter," kata sang pemilik akun.

    Akun tersebut, dalam lanjutan tulisannya, juga menyinggung soal jenis obat-obatan yang mirip neuralgin dan bisa didapat bebas tanpa resep dokter.

    "Yang tidak pakai resep dan bisa bebas dibeli itu ada obat yang sama, namanya neurodex, neurobion dan neurosanbe," jelasnya.

    Sang apoteker tak lupa menjelaskan kenapa neuralgin masuk kategori obat keras dan wajib dibeli dengan resep dokter. Ada kandungan khusus yang berpotensi membahayakan seseorang kalau dikonsumsi berlebih.

    "Neuralgin ini menggunakan metamizol, makanya digolongkan menjadi obat keras. Hati-hati, jangan sembarangan menggunakan obat keras," paparnya.

    "Kalau obat digunakan sesuai fungsi, dia akan bereaksi sempurna di dalam tubuh. Tetapi kalau disalahgunakan, akan menjadi racun dalam tubuh," sambung akun tersebut.(suara.com)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini