• Jelajahi

    Copyright © Kabar24.id
    media news network

    Iklan

    Iklan Beranda

    Sinyal Kuat AHY Bakal Duduki Kursi Mentan

    24 Oktober 2023, 20.32 WIB

     


    Presiden Jokowi berencana merombak kabinet Indonesia Maju pekan ini. Nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menguat bakal menduduki kursi Menteri Pertanian (Mentan).

    Jokowi awalnya bicara rencana reshuffle kabinet usai membuka BNI Investor Daily Summit 2023, di Plataran Hutan Kota, Senayan, Jakarta, Selasa (24/10/2023). Jokowi menyebut reshuffle menteri akan dilakukan pekan ini.


    "Hmm mungkin minggu ini," kata Jokowi.


    Meski demikian, Jokowi tidak merinci informasi soal reshuffle itu. Dia mengatakan rencana reshuffle baru disiapkan.


    "Baru disiapkan," ujarnya.


    Jokowi kemudian ditanya lagi soal pos menteri yang bakal berganti. Jokowi mengatakan kursi Mentan akan diganti menyusul Syahrul Yasin Limpo terjerat kasus di KPK.


    Saat ditanya pos menteri apa saja yang akan direshuffle. Jokowi menyebut menteri pertanian.

    "Menteri pertanian," kata Jokowi.


    Anggukan Kepala Jokowi Ditanya Peluang Demokrat Masuk Kabinet


    Jokowi masih dicecar wartawan soal rencana reshuffle pekan ini. Dia ditanya soal peluang Demokrat masuk Kabinet Indonesia Maju.


    Jokowi tidak menjawab. Tapi menganggukkan kepala sembari tersenyum, kemudian meninggalkan lokasi.



    AHY Posting soal Pertanian


    AHY mengunggah foto bicara soal kemajuan pertanian di tengah isu reshuffle. Dilihat, Selasa (24/10/2023), AHY mengunggah foto dan video saat berada di Kebun Puri Agung, Kota Batu, Jawa Timur.


    AHY tak menyebutkan kapan kegiatan itu dilakukan. AHY mengajak masyarakat mengonsumsi produk pertanian lokal dan memamerkan produk tani unggulan Apel Malang.


    "Jangan lupa untuk selalu konsumsi produk pertanian lokal kita, salah satunya produk unggulan dari Jawa Timur, yaitu Apel Malang! Ini adalah momen di mana saya bisa memetik langsung buah apel dari pohonnya, lokasinya di Kebun Puri Agung, Kota Batu, Jawa Timur," tulis AHY dalam keterangan unggahannya.


    AHY menilai sektor pertanian RI perlu terus dibangun. Dia memastikan partainya berkomitmen mendorong kemajuan inovasi dan teknologi di bidang pertanian dalam menyediakan ketersediaan pangan.


    "Pertanian kita adalah salah satu sektor yang perlu kita bangun dan dorong untuk bangkit dan maju," katanya.


    "Partai akan terus mendorong terjaminnya ketersediaan pupuk, hadirnya inovasi, teknologi, dan sumber daya manusia di bidang pertanian agar kita semakin mandiri dan produktif utamanya dalam menyediakan ketersediaan pangan," lanjutnya.


    Di akhir keterangannya, dia pun mengajak masyarakat turut berbagi cerita soal apel malang.


    "Di sini ada yang suka Apel Malang? Cerita di kolom komentar ya...," katanya.


    Demokrat Prioritas di Pertanian Jika Masuk Kabinet Jokowi


    Kepala Bamkostra DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra buka suara soal peluang Demokrat masuk kabinet Jokowi. Herzaky mengatakan reshuffle merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi.


    Herzaky mendukung keputusan Jokowi memberi kepercayaan bagi siapa pun dengan melakukan reshuffle. Dia ingin Jokowi menuntaskan sisa akhir masa jabatannya dengan baik seperti era Presiden RI ke-6 SBY dan Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri.


    Dia kemudian bicara sikap Partai Demokrat jika masuk kabinet Indonesia Maju. Herzaky mengatakan pertanian akan menjadi salah satu program prioritas Demokrat.


    "Jadi Demokrat kalau misalnya kami dipercaya misalnya ke depannya di pemerintahan, tentu prioritas kami pertanian salah satunya, bagaimana penyediaan pupuk murah, bagaimana misalnya katakanlah dalam konteks kualitas produk-produk pertanian kita itu juga makin bagus gitu," ujarnya.


    Baca artikel detiknews, "Sinyal Kuat AHY Bakal Duduki Kursi Mentan" selengkapnya https://news.detik.com/pemilu/d-6999962/sinyal-kuat-ahy-bakal-duduki-kursi-mentan.



    Komentar

    Tampilkan

    Terkini