5 Fakta Artis Ben Kasyafani dan Ida Royani Diduga Ikut Aliran Sesat, Kena Somasi Mantan Anggota

Daftar Isi

 


Ben Kasyafani disomasi oleh seorang bernama Ichwan Toni. Diduga mantan suami istri Marshanda itu ikut aliran sesat.


Ben Kasyafani dilaporkan setelah dia tampil bersama Ida Royani di podcast YouTube LDII TV.


Dalam tayangan tersebut keduanya dinilai membanggakan diri sebagai bagian dari ajaran sesat. Karenanya Ben dan Ida disomasi oleh mantan jamaah aliran tersebut.


Nah seperti apa fakta Ben Kasyafani disomasi karena dugaan ikut aliran sesat? Berikut ulasannya.

1. Ben Kasyafani Tampil di YouTube LDII TV


Ben Kasyafani dan Ida Royani mengundang kontroversi setelah tampil bersama dalam sebuah podcast di saluran YouTube LDII TV. Dalam tayangan tersebut, keduanya diduga membanggakan diri sebagai penganut ajaran sesat.


2. Disomasi oleh Mantan Jamaah


Kedua publik figur ini, Ben Kasyafani dan Ida Royani, mendapat somasi dari mantan jamaah aliran tersebut, Ichwan Toni. Kuasa hukum mantan jamaah, Ichwan Toni, mengungkapkan bahwa Ben dan Ida dengan sengaja membanggakan diri dan mengklaim sebagai bagian dari ajaran sesat tersebut.


3. Dituding Aliran yang Diikuti Intoleransi

Menurut Ichwan Toni, ajaran yang dianut oleh Ben dan Ida mengandung elemen takfiri, di mana mereka mengkafirkan kaum muslim di luar kelompok mereka. Selain itu, mereka juga dituduh bersikap intoleran terhadap kaum muslim lainnya, menolak untuk salat berjamaah dan mengambil ilmu dari ulama di luar kelompok mereka.


4. Pelapor Merasa Aliran Tersebut Harus Dihentikan


Sebagai perwakilan mantan jamaah aliran tersebut, menyatakan bahwa tindakan Ben Kasyafani dan Ida Royani harus dihentikan. Mereka merupakan figur publik yang dicontoh oleh masyarakat, dan tindakan mereka dianggap mendekati radikalisme yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar.


5. Alasan Mensomasi Ben Kasyafani


Kuasa hukum pelapor menganggap penting untuk menyampaikan tanggung jawab kepada masyarakat agar tidak terjerumus ke dalam ajaran sesat tersebut. Mereka berpendapat bahwa tindakan Ben Kasyafani dan Ida Royani adalah benih dari radikalisme yang tidak sesuai dengan prinsip-prinsip dasar negara Indonesia.


Demikian beberapa fakta penyebab Ben Kasyafani dan Ida Royani di somasi karena dugaan mengikuti aliran sesat. suara.com