iklanberita970x250

Sumpah Pemuda, Achmad Anis Ajak Siswa Tingkatkan Kompetensi

JEMBER - Mantan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember Achmad Anis berpesan agar generasi muda mempersiapkan diri menghadapi perkembangan dunia 4.0 (four point zerro), dengan memperkuat karakter diri, memperbanyak literasi dan meningkatkan kompetensi.

 

Pesan tersebut disampaikan Anis saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda dihadapan siswa-siswi SMA Muhammadiyah 3 Jember, Senin (28/10/2019).

 

Baca juga: Anis: Maju Calon Bupati atau Tidak Sama Sekali

 

Menurutnya, Sumpah pemuda adalah tonggak utama dalan sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Semangat dan nilai-nilainya harus dimiliki oleh seluruh lapisan masyarakat untuk melanjutkan pembangunan negeri.

 

"Kebangkitan pemuda adalah kebangkitan Indonesia. Pemuda itu bukan soal usia, tetapi lebih pada kemampuan dia menyikapi kehidupan. Mereka yang terjebak dalam masa lalu dan memelihara romantisme tradisional, sesungguhnya dia sudah tua meskipun usianya masih belia,” jelas Anis dalam upacara tersebut.

 

Oleh sebab itu semangat juang harus seperti pemuda meskipun sesungguhnya sudah usia senja “Sedangkan mereka yang gelisah dengan masa depan dan selalu memupuk semangat juang, sesungguhnya mereka masihlah muda meskipun usia telah senja. Itulah makna muda di hari sumpah pemuda", kata Anis.

 

Baca juga: Bacabup Ini Sebut Dirinya Seperti Ular Hijau

 

Pemuda kata Anis juga harus mengantisipasi kehadiran masa depan dengan bekal sebanyak-banyaknya “Kebangkitan pemuda adalah ketika mereka mengetahui dan memahami adanya tantangan di masa depan, lalu kemudian dia mengantisipasi kehadiran masa depan itu dengan menyiapkan bekal sebanyak-banyaknya di hari ini,” tegas Anis.

 

Usai menjadi inspektur upacara, Anis juha turut menyaksikan aksi teatrikal siswa, upacara hari Sumpah Pemuda SMA Mihammadiyah 3 Jember “Ini menjadi momentum hadirnya kembali semangat pemuda di era modern 4.0 (four point zerro),” pungkas Anis. (ADVERTORIAL)

Reporter : Dedi
Editor : Muzakki

Komentar Anda