D&G Bisnis

Hendy Siswanto: Saya Satu-satunya yang Bisa Jadi Bupati Jember

 "Satu-satunya yang bisa jadi Bupati Jember adalah saya. Semua partai nanti harus merekom saya".

 

JEMBER - "Satu-satunya yang bisa jadi Bupati Jember adalah saya. Semua partai nanti harus merekom saya".

 

Itulah yang dilontarkan Hendy Siswanto, bakal calon Bupati Jember saat mengembalikan formulir penjaringan ke Sekretariat Badan Pemenangan Pemilu DPD Partai NasDem Jember pada Senin (7/10/2020).

 

Mantan Ketua Satker Double Track PT KAI Semarang-Bojonegoro ini optimis bakal jadi orang nomor satu di Kabupaten Jember.

 

Baca juga: Ketua NasDem Heran Kader Masih 'Sembunyi'

 

Keyakinannya itu juga dengan klaim telah mengantongi rekomendasi partai selain NasDem. "Sudah dua partai besar yang merekom saya," katanya.

 

Partai apa, dan apakah sudah rekomendasi tertulis? Hendy mulai menjawab diplomatis. "Insya Allah, Insya Allah," kilahnya.

 

Jika merujuk data Pileg 2019, urutan empat besar partai di Jember adalah PKB, Gerindra, NasDem, dan PDI Perjuangan.

 

Kala mengembalikan formulir, Hendy didampingi anggota DPR RI dari NasDem, yakni Fadil Muzakki Syah. Fadil merasa jadi pertaruhan besar baginya.

 

"Sudah diantar DPR RI, kan malu-maluin kalau gak dapat rekom rek. Pastilah sudah, tapi jangan sekarang. Belum waktunya. Nunggu semua kumpul deklarasi bareng," katanya.

 

Keikutsertaan Fadil diakunya atas nama pribadi dan keluarga besar Pondok Pesantren Al Qodiri. "Pribadi dan pondok juga mendukung Haji Hendy," sambungnya.

 

Baca juga: Kader-kader NasDem Tolak Faida

 

Sementara Ketua Bappilu NasDem Jember, Saman Hudi menyatakan, rekomendasi tergantung DPP NasDem. Pihaknya hanya menyeleksi administrasi dan memberi masukan jika diminta oleh DPW dan DPP.

 

"Namun, yang pasti arahan partai supaya mengajukan bakal calon yang bisa menggandeng partai lain untuk berkoalisi. Sebab, NasDem punya 8 kursi memerlukan tambahan minimal 2 kursi untuk bisa mengusung pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati,"  ucap Simon, panggilan akrab Saman Hudi.

 

Dosen Universitas Islam Jember ini partainya terbuka untuk berkoalisi dengan partai apapun. Menurut Simon, semakin banyak partai lain yang bergabung bersama NasDem akan lebih membuka peluang memenangi Pilkada Jember 2020.

Reporter : Sutrisno
Editor : Muzakki

Komentar Anda