Umroh3

Tingkatkan Layanan, UNEJ Gabung Eduroam

JEMBER - Universitas Jember semakin serius dalam mewujudkankampus ramah teknologi. Salah satunya adalah dengan bergabungnya dalam jaringan Global Education Roaming (Eduroam). Eduroam memungkinkan seluruh sivitas akademika Universitas Jember mendapatkan akses internet dengan mudah dan aman di Universitas Jember atau saat berkunjung ke kampus lain termasuk kampus luar negeri.

 

“Layanan Eduroam  ini ditujukan bagi pengguna dari kalangan perguruan tinggi dan lembaga riset di seluruh dunia. Sejak bulan Juli 2019 lalu Universitas Jember telah resmi bergabung. Saat ini di Indonesia baru ada 17 kampus negeri dan swata yang tergabung dengan eduroam ini,” ujar Dedie Priyas Yulianto, S.Kom Koordinator Divisi Infrastruktur Sistem dan Jaringan Universitas Jember kepada kabar24.id, Senin (2/9).

 

Baca juga: Unej Persilakan Tangkap Calon Rektor yang Pakai Politik Uang

 

Menurut pria yang disapa Dedi ini, dengan menggunakan layanan Eduroam seluruh mahasiswa dosen maupun karyawan dapat mendapatkan akses internet dengan mudah. Karena username dan pasword yang dimiliki oleh setiap dosen, karyawan dan mahasiswa juga dapat digunakan di seluruh kampus yang terkoneksi dengan jaringan Eduroam.

 

“Misalkan saja ada dosen atau mahasiswa melakukan kunjungan akademik ke kampus luar negeri. Mereka tetap bisa mengakses internet dengan mudah dan aman melalui jaringan eduroam menggunakan username dan pasword Sister Unej,” jelas Dedi.

 

Dedi menambahkan, saat ini di Universitas Jember layananakses internet Eduroam dapat digunakan dengan memanfaatkan koneksi nirkabel yang difasilitasi oleh hampir 200 akses point yang terkendalikan secara terpusat oleh UPTT-TIK Universitas Jember. Akses point ini akan terus ditambah sesuai dengan kebutuhan.

 

Baca juga: Jember Aman Bagi Pelajar dan Mahasiswa Asal Papua

 

“Tentu kami ingin diseluruh sudut kampus Universitas Jember dapat mengakses layanan Eduroam ini. Sehingga ketika ada tamu dari kampus lain baik dari dalam maupun luar negeri mereka tidak perlu lagi bikin username dan pasword baruuntuk mendapatkan akses internet,” imbuh Dedi.

 

Lebih jauh Dedi menjelaskan, pengguna dari institusi lain (tamu) dari dalam maupun luar negeri dapat terkoneksi eduroam dengan mudah. Cukup dengan menghubungkan perangkat mereka seperti laptop dan smartphone menggunakan SSID (Service Set Identifier) Eduroam yang tersedia lebih dari 200 akses point.

 

“Pengguna tamu bisa menggunakan akun (username dan password) yang mereka miliki dari institusi masing-masing untuk terkoneksi dalam jaringan edoroam yang ada dilingkungan UNEJ,” pungkas Dedi.

Reporter : Kusban Ibrahim
Editor : Isriadi

Komentar Anda