Umroh3

Tebu PRG Unej, Kadar Gula Tinggi dan Tahan Segala Cuaca

JEMBER - Universitas Jember terus memberikan inovasi terbaru dalam dunia pertanian. Kali ini, tebu produk rekayasa genetika (PRG) UNEJ mampu menghadapi segala jenis cuaca, termasuk menghadapi cuaca ekstrim sekalipun. Bahkan, temuan ini sudah diujicoba dengan melakukan penanaman langsung di lahan milik PTPN XII.

Menurut peneliti tebu PRG Prof. Bambang Sugiharto menjelaskan jika tebu PRG ini dikenal dengan tebu transgenik ini sudah mendapatkan sertifikat keamanan pangan, pakan dan lingkungan. "Jadi sudah dinyatakan aman untuk di konsumsi masyarakat," terang Bambang.

 

Baca Juga: Gandeng Kedutaan Besar Amerika, Unej Gelar Seminar Internasional Bioteknologi

 

Bahkan, dijelaskan Bambang, tebu transgenik terbukti mampu tumbuh di lahan gersang. "Bahkan dengan tingkat produktifitas cukup tinggi," terangnya. Usai merilis tebu tahan cuaca ekstrem, baru-baru ini juga merilis varietas baru tebu dengan tingkat produksi kandungan gula tinggi.

 

Baca Juga: Unej Jadi Pusat Kajian Teori Graph Baru Di Indonesia Setelah ITB

 

Saat ini, Unej sedang melakukan penelitian varietas tebu yang tahan terhadap penyakit mozaik tebu dengan ciri-ciri terdapat bercak pada daun tebu. Dirinya menjelaskan jika serangan penyakit ini cukup ganas. "Jika sudah terserang virus ini maka bisa dipastikan produktifitas tebu akan turun, bahkan penurunannya bisa mencapai 50 persen," pungkasnya.

Reporter : Dedi
Editor : Sigit Edi

Komentar Anda