Umroh3

Lanjutan Sidang Pasar Manggisan, Majelis Hakim Tegur Jaksa Karena Saksi Banyak Tidak Tahu

JEMBER - Sidang lanjutan kasus dugaan korupsi pasar Manggisan Tanggul selasa siang (3/06/2020) digelar. Dalam sidang, Majelis hakim pengadilan tipikor Surabaya menegur dan meminta jaksa mengembangkan kasus tersebut. Pasalnya, dari 12 orang saksi yang dihadirkan oleh jaksa penuntut umum, hampir seluruhnya menjawab tidak tahu.
 

Hal ini diungkapkan Zainal Abidin, kuasa hukum terdakwa Fariz melalui telefon selularnya. Dia menceritakan, dalam sidang itu jaksa penuntut umum rencananya menghadirkan 15 orang saksi. Yakni dari unsur pejabat pemkab Jember. Namun, 3 diantaranya yakni kepala Inspektorat Joko Santoso, Mantan Kepala BPKAD Yulia Harimurti dan mantan Kadinkes Siti Nurul Qomariyah tidak hadir.
 

Namun sayangnya, menurut Abidin, sama sekali tidak ada yang menarik dari keterangan 12 orang saksi yang hadir. "Karena semua mengaku tidak pernah bertemu ataupun mengenal terdakwa Fariz," ujar Abidin. Beberapa saksi memang mengakui pernah hadir desk di pendopo.

Baca juga:


Namun, sebagian besar mengaku tidak berkaitan dengan proyek Manggisan. Sehingga, menurut Abidin keterangan saksi yang dihadirkan jaksa penuntut sebenarnya justru menguntungkan terdakwa. "Karena itu majelis hakim sempat menegur dan memerintahkan jaksa untuk mengembangkan kasus ini," terang Abidin. 


Sementara kliennya menurut Abidin, bersikukuh tetap akan memberikan keterangan sebenarnya untuk membongkar aktor utama dalam kasus ini. "Sidang akan dilanjutkan Selasa pekan depan, masih dengan agenda yang sama yakni mendengarkan keterangan saksi yang dihadirkan oleh Jaksa penuntut Umum," kata Abidin. 


Abidin sendiri mengaku belum tahu siapa saksi yang akan dihadirkan oleh Jaksa. Sementara pihak kejaksaan negeri Jember sendiri hingga berita ini diturunkan belum berhasil di konfirmasi.

Reporter : Supra
Editor : Sigit Edi

Komentar Anda