Umroh3

Pembagian Tugas Pilkada, NU Cari Calon, PKB Komunikasi Partai

JEMBER -  PKB tidak menunggu lama untuk bergerak mencari calon bupati dan calon wakil bupati paska pencabutan dukungan dari bacabup Djoko Susanto. Meskipun PKB saat ini kembali ke titik nol, namun mereka bergerak cepat dengan berbagi peran dengan PCNU Jember mencari calon yang tepat. 

 

Dimana sesuai petunjuk DPP, PKB tidak akan membuka pendaftaran, tetapi mekanisme penjaringan diserahkan kepada PCNU. Sedangkan DPC PKB bertugas menjalin koalisi dengan partai lain. Hal ini diungkapkan Sekretaris DPC PKB Jember Ayub Junaedi dalam kesempatan kemarin. 

 

Baca juga: Punya Cabup Lain, PKB Cabut Rekom ke Djoko Susanto

 

Ayub menjelaskan, surat pencabutan dukungan kepada Djoko Susanto sudah diproses DPP. "Kemungkinan 1 atau 2 hari ke depan sudah diterima DPC," kata Ayub. Jika nantinya surat pencabutan rekomendasi ini keluar, makan kondisi tersebut menurut Ayub, saat ini PKB kembali pada posisi nol.


 
"Selanjutnya sesuai petunjuk DPP, penjajakan bakal calon lain menjadi kewenangan PCNU," tegasnya. Pihaknya pun menunggu instruksi dari PCNU Terkait Pilkada Jember nantinya. Sedangkan DPC PKB hanya bertugas menjalin komunikasi dengan partai lain untuk berkoalisi. 

 

"Saya sendiri yang semula mendapat mandat sebagai bakal calon wakil bupati, juga akan dievaluasi dan menunggu keputusan PCNU," tutur Ayub. 

 

Sementara itu, ketua PCNU Jember Abdullah Syamsul Arifin, membenarkan PCNU mendapat mandat untuk menjajaki bakal calon yang ada. Dengan demikian komunikasi dengan bakal calon hanya satu pintu melalui PCNU. "Sehingga jika ada orang yang mengaku-ngaku atas nama PKB atau PCNU membuka komunikasi dengan bakal calon, bisa dipastikan bohong," tegas Gus Aab.

 

Baca juga: Berikut Alasan PKB Cabut Dukungan ke Djoko Susanto


 
Oleh karena itu, menurut Gus Aab masih terlalu dini jika siapa figur yang akan diusung PKB disampaikan saat ini. Apalagi DPP PKB yang berwenang menentukannya. "PCNU hanya akan melaporkan hasil penjajakan yang sudah dilakukan kepada DPP," terang dosen IAIN Jember ini. 

 

selanjutnya DPP PKB yang akan menunjuk dengan dituangkan dalam Surat Keputusan untuk mendaftar ke KPU.

Reporter : Supra
Editor : Sigit Edi

Komentar Anda