Umroh3

Blusukan ke Pasar, Polisi Ajak Masyarakat Jaga Pola Hidup Sehat Cegah Corona

JEMBER - Polres Jember terus melakukan sosialisasi upaya pencegahan agar masyarakat tidak sampai terjangkit virus Corona atau Covid 19. Seperti yang dilakukan siang tadi, Sabtu (21/03/2020), usai apel puluhan anggota Polres Jember berkeliling memberikan tips dan saran kepada masyarakat tentang pola hidup sehat.

 

"Sesuai perintah Kapolri dan Kapolres, tiap hari kita kerahkan anggota untuk sosialisasi sekaligus mengajak masyarakat dengan pila hidup sehat. Itu sebagai upaya mencegah virus Corona menjangkit ke masyarakat," ungkap Kabag Sumda Kompol Sudjadmiarto, yang ikut turun langsung dalam kegiatan itu.

 

Baca juga: Dituding Pungli, Staf Ahli Anggota DPR RI Ancam Polisikan Kadistan Jember

 

Dengan menggunakan pengeras suara, para petugas berkeliling di beberapa titik keramaian di wilayah kota Jember. Seperti di Alun-alun Jember, Pasar Tanjung, dan Pasar Kepatihan. "Pasar ini kan tempat berkumpulnya masyarakat untuk kegiatan jual beli. Ini lokasi yang cukup rawan penyebaran virus, jadi kita intensifkan memberikan pemahaman cara hidup sehat," sambung Sudjadmiarto.

 

Beberapa tips yang dianjurkan para petugas ini adalah sesering mungkin mencuci tangan yang bersih dengan menggunakan sabun. Kemudian menggunakan cairan antiseptik atau Hand Sanitizer. "Untuk yang kondisi badan yang kurang fit sepeti flu misalnya, lebih baik pakai masker," kata Sudjadmiarto.

 

Baca juga: Banjir Bandang Reda, Polisi Bantu Warga Bersihkan Rumah

 

Sosialisasi ini mendapat tanggapan positif dari masyarakat. Seperti yang diungkapkan Halimah (45) seorang pembeli di Pasar Tanjung. Menurutnya, Virus Corona ini benar-benar membuat sebagian masyarakat ketakutan. Tapi di sisi lain masih banyak masyarakat belum paham pola hidup sehat itu seperti apa.

 

"Nah, dengan adanya sosialisasi dari bapak bapak polisi ini, masyarakat bisa menjadi lebih paham bagaimana mencegah penyakit dengan pola hidup sehat," ungkap Halimah. Dia berharap, sosialisasi itu terus dilakukan sehingga masyarakat betul-betul paham dan menjadikan pola hidup sehat sebagai sebuah kewajiban. 

Reporter : Supra
Editor : Sigit Edi

Komentar Anda