Umroh3

Berikut Alasan PKB Cabut Dukungan ke Djoko Susanto

JEMBER – Kejutan dalam tahapan pilkada Jember terjadi lagi. Jika sebelumnya publik dihebohkan dengan keluarnya surat rekomendasi berbeda Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB ) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) untuk Djoko Susanto sebagai calon bupati namun dengan calon wakil bupati yang berbeda. 

 

Namun, kabar mengejutkan terjadi kamis siang (19/03/2020). PKB menyatakan mencabut dukungan terhadap Djoko Susanto karena dianggap tidak berkomitmen terhadap partai dan Nahdlatul Ulama di Jember. Pernyataan ini disampaikan Wakil Ketua DPC PKB  H. Ahmad Buang saat Konferensi pers di kantor DPC PKB jalan Danau Toba, Kamis siang (19/03/2020).

 

Baca juga: Punya Cabup Lain, PKB Cabut Rekom ke Djoko Susanto

 

“Berdasarkan dari hasil rapat pleno DPC PKB kabupaten Jember, bahwa calon bupati dan calon wakil bupati yang di rekom oleh DPP PKB yaitu kepada Djoko Susanto , kami Cut," tegas Buang. Bahkan, dijelaskan lagi, pihak dan seluruh jajaran PKB hingga ke tingkat bawah sudah menyatakan tidak jadi mendukung Djoko Susanto sebagai calon Bupati Jember dalam pilkada mendatang. 

 

Buang menuding Djoko Susanto telah melanggar kontrak Jam’iah yang di tandatanganinya pada tanggal 3 Desember 2019 lalu. “apa yang diisyaratkan dan si syaratkan oleh DPP PKB mengenai konsolidasi partai baik dengan NU maupun dengan PKB mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan dan ranting tidak dilaksanakan," tuturnya. 

 

Menurut Buang, disebutkan pada poin 7. Dimana poin ini menyebutkan Djoko akan menggandeng Kader Nahdlatul Ulama yang juga Kader Partai Kebangkitan Bangsa sebagai Bakal Calon Wakil Bupati Periode 2020-2026 yaitu sahabat gus Ayub Junaidi. 

 

Namun, perkembangan terakhir munculnya dua rekom. Yakni salah satunya dari partai Gerindra yang mana Djoko Susanto dipasangkan dengan Ahmad Halim dari partai Gerindra. Lantas wakil ketua DPC PKB ini juga menganggap Djoko susanto telah bermanuver dengan bermain dengan dua kaki.

 

“Bagi kami di Partai Kebangkitan Bangsa, tidak ada lagu kayak begitu! Atau politik yang kayak begitu, politik yang berkhianat pada PKB dan NU," terang Buang. Dirinya mengklaim bahwa pernyatannya bukan atas nama pribadi karena sudah melalui rapat pleno diputuskan bahwa DPC PKB Jember dan seluruh jajaran PKB.

 

"Kita mencabut dukungan kepada Djoko Susanto," pungkas Buang dan mengaku pihak partai dan PCNU sudah berkomunikasi dengan Djoko. 

 

Baca juga: PKB dan GERINDRA Rekomendasi Cabup Jember Djoko Susanto

 

Sementara itu, saat dikonfirmasi terpisah, Bacabup Djoko Susanto melalui juru bicaranya Darsan santai dengan manuver PKB. Pihaknya mengklaim jika hubungan Djoko Susanto dengan DPP PKB maupun partai lain yang sedang berproses baik-baik saja.
 


Darsan mengaku sejauh ini hubungan Djoko Susanto dengan DPP partai yang akan mengusung baik PKB, Gerindra atau partai lain yang sedang berproses baik-baik saja. "Karena itu kami berharap tidak ada istilah cabut mencabut dukungan dengan berdasarkan asumsi," terang Darsan

Reporter : Isriadi
Editor : Supra

Komentar Anda