Umroh3

Lawan Petahana, 11 Parpol Sepakat Usung Bacabup Sama

JEMBER - Perkembangan politik di Jember semakin menghangat paska petahana Faida memastikan maju melalui jalur perseorangan. 11 partai politik yang duduk di parlemen sepakat mengusung satu bacabup yang sama. Bahkan, mereka akan mengusung Bacabup untuk melawan petahana.

 

Ini merupakan hasil pertemuan 11 pimpinan parpol Jemberdi hotel Bandung Permai Minggu malam (01/03/2020). Bahkan, dalam kesempatan itu meskipun satu suara namun tentang siapa bacabup yang akan diusung Bersama tentu akan dibicarakan lebih lanjut.

 

Baca juga: Parpol Dukung Penuh Panitia Angket DPRD Jember

 

Ketua DPD PKS Jember Ahmad Rusdan Senin siang menjelaskan, dalam pertemuan pimpinan 11 parpol Minggu malam menghasilkan 2 point penting kesepakatan. Pertama memberikan dukungan penuh kepada panitia angket DPRD Jember, 

 

"Point kedua mengusung bacabup yang sama untuk melawan petahana," tegas Rusdan. Meski demikian lanjut Rusdan, dalam pertemuan tersebut belum sampai mengarah kepada figure bacabup yang akan diusung Bersama. Namun yang pasti bacabup yang akan diusung bersama bukan petahana. 

 

Terkait dengan yang memiliki hak memberikan rekomendasi dalam pilkada adalah DPP pusat, diakuinya tidak masalah. Menurut Rusdan meskipun menjadi kewenangan DPP, tetapi tentu DPP semua parpol akan mendengarkan aspirasi dari bawah. "Jadi ini menjadi aspirasi kader di bawah," tegas Rusdan. 

 

Baca juga: Forum Mantan Anggota DPRD Jember Berharap Seluruh Parpol Usung Satu Bacabup

 

Diberitakan sebelumnya wacana mengusung satu bakal calon yang sama muncul dalam acara temu kangen mantan anggota DPRD Jember Minggu pagi, yang beberapa diantaranya merupakan pimpinan partai politik. 

 

Wacana ini dimunculkan setidaknya oleh mantan ketua DPRD yang juga ketua DPC PPP Jember HM. Madini Farouq serta mantan wakil ketua DPRD yang juga Sekretaris DPC PKB Jember HM. Ayub Junaedi.

Reporter : Ardi Wardoyo
Editor : Sigit Edi

Komentar Anda