D&G Bisnis

Tinjau Lokasi Banjir Bandang Klungkung, Gubernur Jatim Minta Recovery Disegerakan

JEMBER - Gubernur Jawa Timur Khofiffah Indar Parawansa bergerak cepat menangani banjir bandang di Klungkung, Sukorambi sabtu sore (1/2/2020). Bahkan, Khofifah langsung terjun mendatangi lokasi banjir. Khofifah juga terlihat langsung memimpin menyiapkan bantuan, untuk korban bencana banjir bandang yang melanda Desa Klungkung Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember.

 

Dalam kunjungannya, Gubernur Jatim melihat langsung kondisi yang terdampak banjir bandang yang salah satu penyebabnya lereng gunung Argopuro yang gundul.

 

Baca juga: Banjir Bandang Reda, Polisi Bantu Warga Bersihkan Rumah

 

Khofifah mengatakan, banjir yang terjadi kemarin sore berdampak pada persawahan dan pemukiman warga. Karena volume air dengan material kayu dan lumpur serta batuan membuat sungai Kalijompo tidak bisa menampung. Sehingga harus segera dilakukan recovery dan tanggap darurat.

 

"Sesuai dengan SOP-nya peristiwa seperti ini masuk dalam tahap tanggap darurat. Sehingga pemerintah daerah bisa mengeluarkan surat untuk proses recovery-nya, bisa bisa lebih cepat lebih baik," ujar Khofifah saat meninjau lokasi banjir di Desa Klungkung, Minggu (2/2/2020).

 

Ia menyampaikan, proses recovery sudah mulai berjalan dengan cepat. Terlihat semua elemen baik TNI, Polri, Relawan dan Pemkab sudah siapkan bronjong serta dari Pemprov bersama Dinas PU sudah siapkan juga sand bag.

 

"Kejadiannya kemarin dan saat ini proses pemasangan bronjongnya sudah cepat. Kita tambah dengan sand bag untuk penahannya," imbuhnya.

 

Dari hasil koordinasi dengan Balai Besar Jalan Nasional dan Dinas PU menurutnya, sudah mengidentifikasi ada tanggul yang harus ditinggikan, plengsengan juga dan ada rumah warga yang terkena dampak banjir bandang ini.

 

"Pagi tadi sudah rapat dan diidentifikasi ada beberapa hal yang harus dibenahi mulai dari peninggian plengsengan dan tanggul serta dapat informasi ada rumah warga yang dapurnya rusak," tambahnya.

 

Baca juga: Datangi Lokasi Banjir Bandang, Anggota Komisi D DPRD Jatim Desak Pemerintah Segera Perbaiki Insfrastruktur

 

Sebagai informasi, Banjir bandang terjadi kemarin Sabtu, (1/2/2020) di Desa Klungkung Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember. Sekitar pukul 15.30 hujan terjadi dan sekitar pukul 16.00 aliran sungai mulai meluap dengan membawa material bebatuan, lumpur dan juga batang kayu.

 

Volume sungai tidak mampu menampung, maka meluap hingga naik ke persawahan dan pemukiman warga. Sehingga kurang lebih sebanyak 166 jiwa mengungsi ke tempat yang lebih aman. Saat ini tim dari BPBD Jember bersama TNI, Polri serta relawan melakukan penanganan bencana.

Reporter : Juli Saputra
Editor : Ardi Wardoyo

Komentar Anda