Umroh3

DPRD Jember Bentuk Pansus Hak Angket Terhadap Bupati Faida

JEMBER - DPRD Jember menggelar Rapat  Paripurna Usulan Hak Angket kepada Bupati Jember dr. Faida, MMR. Dalam rapat senin (30/12/2019) tersebut setidaknya ada 44 orang anggota DPRD yang hadir sepakat membentuk Panitia Khusus (Pansus) hak angket.

 

Ketua Komisi A DPRD Jember yang juga sebagai pengusul utama hak angker, Tabroni mengatakan, pengajuan usulan hak angket ini adalah tindak lanjut dari ketidakhadiran Bupati Jember pada Rapat Paripurna hak interpelasi pada (27/12/2019) lalu. 

 

Baca juga: Bukan Lagi Interpelasi, Seluruh Fraksi Sepakat Angket ke Bupati Jember


"Rapat paripurna hari ini merupakan lanjutan dari sidang paripurna interpelasi jumat lalu, yang tidak dihadiri oleh Bupati Jember," ujarnya.


Menurutnya, pengajuan hak angket ini didasari berbagai persoalan yang terjadi di Jember. Sedikitnya ada 5 persoalan, diantaranya tidak adanya kuota CPNS 2019, kebijakan mutasi yang menyalahi UU No. 5 Tahun 2015 tentang ASN, kebijakan mengeluarkan 30 K-SOTK dan 15 SK yang dianggap menyalahi aturan Mendagri, kebijakan tentang pengadaan barang dan jasa yang diduga melanggar PP No.16 Tahun 2018 tentang pengadaan barang dan jasa karena ambruknya gedung baru yang mengakibatkan korban luka-luka.


"Masalah CPNS, masalah KASN, masalah rekomendasi dari Gubernur dan Mendagri yang tidak segera ditindaklanjuti. Ditambah lagi tidak hadirnya Bupati dalam interpelasi" imbuhnya.

 

Baca juga: Ruang Paripurna dan Pimpinan Gedung DPRD Jember Bocor


Tabroni menambahkan, usulan hak angket ini disepakati seluruh  fraksi di DPRD Jember yang berjumlah 7 fraksi. Selanjutnya dilakukan penetapan usulan hak angket  dan pembentukan panitia khusus (pansus) hak angket. Anggota Pansus hak angket ini berjumlah 25 orang yang diusulkan dari masing-masing fraksi.


"Sudah disepakati bersama oleh 7 fraksi untuk melakukan hak angket dan masing-masing fraksi mengusulkan nama untuk menjadi pansus hak angket," pungkas Tabroni.

Reporter : Juli Saputra
Editor : Muzakki

Komentar Anda