iklanberita970x250

Pemuda Ini Ditangkap Polisi Setelah Membawa Kabur Motor Jokowi

JEMBER - Berakhir sudah aksi petualangan tipu tipu yang dilakukan Sipul Ulum (24) warga Dusun Manggungan, Desa Karang Bayat, Kecamatan Sumberbaru. Dia ditangkap Unit Reskrim Polsek Sumberbaru, setelah dilaporkan beberapa korbannya. Sipul ditangkap petugas di rumahnya, tanpa perlawanan, Selasa (17/12/2019) sekitar pukul 11.30 WIB.

 

Informasi di lapangan, salah satu korban penipuan itu adalah Sendang Kowiyulmatin (17) warga Dusun Sadengan Timur, Desa Rowotengah, Kecamatan Sumberbaru. Awalnya, korban yang akrab disapa Jokowi itu duduk di sebuah warung tak jauh dari rumahnya, Selasa (26/11/2019) sekitar pukul 16.30 WIB. Kemudian, datang tersangka Sipul mendekati korban dan sok kenal.

 

Baca juga: Tabrak Mobil Petugas, Pengemudi Ternyata Bawa Sabu

 

Saat itu, tersangka meminta Jokowi untuk mengantarnya ke sebuah konter untuk menjual HP. Karena malas, Jokowi meminta temannya Trio Permana (16) untuk mengantar tersangka menggunakan motor Honda Beat milik Jokowi. Dalam perjalanan di sekitar SMP Sumberbaru, tersangka meminta Trio Permana turun untuk mengecek ban motornya.

 

Karena mengira saat itu bannya kurang angin, Trio pun turun. Saat itulah, tersangka langsung membawa kabur motor tersebut dan menjualnya kepada orang lain. Usai kejadian itu, Trio Permana memberitahukan kepada Jokowi bahwa motornya dibawa kabur tersangka. Didampingi keluarganya, Jokowi melapor ke Polsek Sumberbaru hingga akhirnya tersangka ditangkap.

 

Baca juga: Kecanduan Game Online, Pelajar Nekat Ngutil di Minimarket

 

Kanit Reskrim Polsek Sumberbaru Aiptu Yudi Susanto, membenarkan penangkapan itu. Menurutnya, sudah banyak korban dari aksi tipu tipu yang dilakukan oleh tersangka. "Tersangka sudah beraksi di wilayah Madura, Probolinggo, Banyuwangi, Lumajang dan Jember. Modusnya sok kenal lewat Facebook kemudian meminjam motor korban," jelas Susanto.

 

Rata-rata, lanjut Susanto, tersangka beralasan pinjam atau minta diantar untuk ke toko dan membeli makanan. Di Sumberbaru sendiri sudah ada 3 korban yang melapor kepada pihaknya. "Terakhir korbannya Sendang Kowiyulmatin. Panggilan awalnya Kowi, namun lama-lama sering dipanggil Jokowi sama teman dan keluarganya," pungkas Susanto.

Reporter : Supra
Editor : Sigit Edi

Komentar Anda