D&G Bisnis

Enam Puluh Tahun Berdiri, Masjid Besar Sumberbaru Akhirnya Bersertifikat

JEMBER - Setelah 60 tahun berdiri, Masjid Besar Al Ikhlas Desa Yosorati Kecamatan Sumberbaru, Jember akhirnya mengantongi Sertifikat Tanah Waqaf yang dikeluarkan dari Badan Pertanahan Kabupaten Jember.

 

Sebelum mengawali Sholat Jum’at, (01/11/2019) Ketua Takmir Masjid Al Ikhlas Yosorati Sumberbaru, Sanhaji, menerima serah terima Sertifikat Tanah Waqaf dari H. Djoko Susanto, SH., MH. yang membantu pengurusan  sertifikat tersebut.

 

Baca juga: Delapan Bacabup Sepakat Saling Dukung Melawan Petahana

 

Djoko Susanto adalah tokoh masyarakat yang juga mantan Kepala Badan Pertanahan Jember, yang kini mengelola lembaga Djoko Foundation.

 

Menurut Sanhaji tanah yang ditempati Masjid Al ikhlas berasal dari tanah negara sejak 60 tahun lalu, namun pengurusan sertifikatnya berlangsung lama karena banyak kendala.

 

“Prosesnya dari kantor desa, ke kecamatan, dan lanjut ke BPN, banyak kendala, tapi Alhamdulillah dibantu Pak Djoko ini, akhirnya bisa selesai dan legalitas masjid kami jelas," ungkap Sanhaji.

 

Dihadapan pengurus Takmir Masjid usai shalat jum’at Djoko Susanto menyampaikan segala sesuatu jika dilakukan secara bersama, pasti akan lebih mudah.

 

Baca juga: Tanah Dipagari, Warga Kelurahan Sumbersari Resah

 

“Kalau memang bisa dipermudah kenapa harus dipersulit. Toh ini yang dilakukan juga bentuk ibadah dan juga membantu sesama," kata Djoko Susanto.

 

Kedepan tambah Djoko pengurusan tanah dan layanan kepada masyarakat lainnya harus lebih baik lagi.

 

“Dengan bersama tidak ada yang tidak bisa. Buktinya setelah 2 tahun stress mengurus Sertifikat Waqaf banyak kendala, akhirnya bisa tuntas melalui kebersamaan,” Pungkas Djoko. (Advertorial)

Reporter : Ahmad
Editor : Muzakki

Komentar Anda